ARTI SEBUAH NAMA

Arti Sebuah Nama
By: Saidna Zulfikar bin Tahir

” Apalah arti sebuah nama ” begitulah ungkapan yang sering kita dengar dari orang-orang yang meremehkan dan belum menyadari pentingnya nama yang mereka sandangi, padahal jika mereka dipanggil ANJING, ( sadar atau tidak sadar ) pasti akan tersinggung dan naik pitam, dari sini sudah jelas akan penting arti dari sebuah nama.


Nama telah ada sejak zaman Nabi Adam a.s, dimana di dalam Al qur’an Allah SWT telah menjelaskan : ” Wa’allama Aadamal asmaa kullaha..”, bahwa Allah SWT telah mengajarkan kepada Adam setiap kata dan nama-nama dari segala sesuatu yang ada di muka bumi ini baik yang abstrak maupun yang real. Sementara sebagian Ulama berpendapat bahwa nama itu ada dari bunyi-bunyian alam yang menggerakkan manusia untuk menamai sesuatu itu berdasarkan bunyi-bunyian tersebut. Pendapat ini lemah, tidak mempunyai bukti dan dalil yang valid sehingga tidak memungkinkan penggunaannya, sementara pendapat yang pertama sudah jelas keabsahannya dengan keberadaan manusia pertama Adam a.s yang beristrikan Hawa serta anak-anaknya sebagai cikal bakal adanya ummat manusia.

Nama dalam pergaulan sehari-hari merupakan alat dan tanda pengenal, namun di dalam islam, nama mempunyai peranan dan arti yang sangat penting, disamping sebagai doa juga sebagai tanda pengenal di akhirat, sebagaimana sabda Rasulullah SAW : ” Sesungguhnya kalian pada hari kiamat akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama-nama bapak-bapak kalian, maka baguskanlah nama-namamu “.” (HR Muslim). Sepantasnyalah bagi kedua orang tua untuk menamakan anaknya dengan sebaik-baik nama sebagai doa dan tarbiyah ( pendidikan ) anak sejak dini yang merupakan pengamalan dari hadits Rasulullah SAW : ” Kullu mauluudin yuuladu ‘alal fitrah fa abawaahu yuhawwidaanihi aw yunassiraanihi aw yumajjisaanihi “, semua manusia lahir dengan fitrah yaitu fitrah islam, jika orang tua salah dalam memberikan nama terhadap anak, secara tidak sadar orang tua telah menjerumuskan anaknya ke dalam keburukan bahkan kekufuran yaitu dengan mengikuti nama-nama orang yahudi atau nashrani atau majusi.

Adapun nama-nama yang dianjurkan dalam islam sebagaimana hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Wahb Al Khats’ami bahwa Rasulullah bersabda : ” Pakailah nama nabi-nabi, dan nama yang amat disukai Allah SWT yaitu Abdullah dan Abdurrahman, sedangkan nama yang paling manis yaitu Harits dan Hammam, dan nama yang sangat jelek yaitu Harb dan Murrah” ( HR.Abu Daud An Nasa’i), Rasulullah merasa optimis dengan nama-nama yang baik, termasuk tuntunan Nabi mengganti nama yang jelek dengan nama yang baik, beliau pernah mengganti nama seseorang ‘Ashiyah dengan Jamilah, Ashram dengan Zur’ah. Disebutkan oleh Abu Dawud dalam kitab Sunan : “Nabi mengganti nama Syihab dengan Hisyam, Harb dengan Aslam, Al Mudhtaji’ dengan Al Munba’its, Tanah Qafrah (Tandus) dengan Khudrah (Hijau), Kampung Dhalalah (Kesesatan) dengan Kampung Hidayah (Petunjuk), dan Banu Zanyah (Anak keturunan haram) dengan Banu Rasydah (Anak keturunan baik).

Pemberian nama-nama yang baik ini insya Allah akan memberikan pengaruh yang baik kepada kepribadian anak agar anak dapat mempunyai sosok ideal yang dapat ditirunya dengan mendengar shirah ( sejarah ) hidup dari nama yang diberikan kepadanya. Janganlah memberi nama anak karena nama tersebut terdengar bagus. Berilah nama yang berarti baik atau nama orang-orang shaleh karena nama itu akan mempunyai dampak bagi karakter dan akan terus melekat pada anak itu sepanjang hidupnya.

Kesemuanya ini tergantung pada tarbiyah orang tua, baik pendidikan anak sejak dini maupun pendidikan lanjutan ( setelah dewasa ) dan dampak dari nama tersebut akan jelas sehingga kadang kita tidak menyadari akan perbuatan yang kita lakukan itu sesuai dengan nama yang kita sandang, sebagai contoh kecil, seorang kakak yang paling tua bernama Al Fakhri, kebiasaan yang tua selalu merasa bangga akan ketuannya namun disisi lain dapat dijadikan kebanggaan keluarga, ternyata tingkah lakunya memang sesuai dengan namanya, sementara adik yang ke dua namanya Mudzakkir, kerjaannya hanya memprotes atau menasehati kakak serta adik-adiknya yang lain, ternyata memang benar sifat dan prilakunya sesuai dengan namanya yaitu mudzakkir (yang mengingatkan), dan seterusnya, yang mungkin anda akan dapati dalam diri anda sendiri dan keluarga.

Olehnya itu, perbaikilah nama-anak anakmu sebagai doa, karena nama sangat berdampak terhadap karakter anak dan segala tingkah lakunya, terlepas dari faktor lingkungannya. Dan nama bukanlah alat pengenal melainkan jati diri yang perlu dijaga. God Bless U All.

Advertisements

185 thoughts on “ARTI SEBUAH NAMA”

  1. assalamu’alaikum.wr.wb.
    saya mau tau arti sebuah nama dari bahasa arab yang terdapat dalam al-Qur’an?

  2. saat ini saya sedang hamil 7 bulan, sampai saat ini saya belum menemukan nama yang baik untuk anak saya. saya mau minta tolong carikan contoh pemberian nama-nama untuk anak laki-laki dan perempuan menurut agama islam beserta artinya. terima kasih.

  3. assalamualaikum
    saya hadi christovani, saya bingung mau cari nama untuk anak pertama saya, istri saya sudah hamil 7 bulan tapi saya juga ada sedikit pilihan ttg nama anak saya. kalau dia laki-laki :
    1 MUHAMMAD TRISTAN CAMILLO
    2 MUHAMMAD TRISTAN SHAQUILLE
    camillo; sang pembebas
    tristan; gagah berani
    shaquille; tampan dan bijaksana

  4. Assalamu’alaikum Warahmatullah.
    Saudara/Saudariku yang dikasihi..
    Alhamdulillah, mungkin web ini bisa menjadi media untuk kita menjalin hubungan (silaturrahim).
    Saya dan istri sedang merancang sebuah nama untuk anak pertama kami yang Insya Allah akan lahir awal April nanti. Saya amat berterimakasih kepada saudara/saudari yang sudi mencurahkan pengalaman atau memberi bimbingan dalam segala hal yang berkaitan dengan baby, khususnya berkenaan dengan pemberian nama. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih. Jazaakumullahu khairan. Wassalamu’alaikum.
    Ibnu Burhan
    Email: saudaraku75@yahoo.com

  5. Alhamdulillah sy baru usia kandungan sy baru 1 bulan. sy dan suami senang skl krn baru tgl 4 maret kami menikah. dan ternyata Allah SWT memberikan kepercayaan pd kami untuk menjaga janin yg ada di rahim sy. saya ingin sekali py pandangan tenteng nama putra-putri kami kelak. dan sy blm py nama. boleh gk sy diberikan sebuah nama 1 laki2x dn 1 perempuan untuk acuan sy . terima kasih . Wassalam

  6. Asslamualaikum. saya berumur 20 tahun, saya kuliah dah semester 6.saya ingin menanyakan tentang kategori nama-nama yang baik dan artinya juga baik.saya lagi merancang nama buat sepupu saya.bisa ngak kirim pilihan nama-nama yang baik beserta artinya.itu aja. Terima kasih. wassalam…..

  7. asslmkm..
    langsung saja tolong bantu saya menemukan nama anak perempuan yang indah.
    wasslmkm

  8. asslmkm………..
    saya pingin nama-nama bayi baik laki-laki maupun perempuan dan artinya …………….makasih
    wasslmkm

  9. ass.
    saya berencana memberikan nama anak saya seperti ini:
    “Keanu Rafif Abrar = artinya apa ya?
    anak saya laki2.
    tks

  10. assalamualaikum

    Tolong saya untuk mencari tahu arti nama di bawah ini:
    1. NABILA SYIFANA

    Terima kasih, saya tunggu segera, karena sebentar lagi acara menamakan anak saya, dan saya belum tahu artinya baik atu buruk menurut islam

  11. saya minta tolong kepada tman2 smau , untuk mencarikan nama sibuah hati saya dan istri yang kbetulan perempuan (kembar) lahir pada tgl 26 juli 2007. sbelumnya saya ucapkan terimakasih.

  12. saya minta tolong kepada tman2 smau , untuk mencarikan nama islami untuk sibuah hati saya dan istri yang kbetulan perempuan (kembar) lahir pada tgl 26 juli 2007. sbelumnya saya ucapkan terimakasih.

  13. assalamualaikum
    saya lagi bingung, ampe hari in saya & istri blum mendapatkan nama islami untuk anak perempuan kembar kami yang lahir tgl 26 juli 2007, mudah-mudahan teman2 bisa membantu kami mencarikan nama untuk buah hati kami. wassalam…….

  14. saya akan minta nama untuk adik saya yang diperkirakan lahir pada bulan september.saya ingin nama yang islami tetapi modern masa kini. terima kasih.

  15. Ass.Dek Sarwono
    Saya ingin sumbangsih nama untuk Adik anda
    Kalau perempuan saya ingin sumbangsih nama Malika Aliyah yang artinya :
    Malika : Seorang Ratu
    Aliyah : Orang yang mempunyai kedudukan tinggi di masyarakat

    Wassalam

  16. mohon bantuannya untuk memberikan nama dan artinya untuk anak perempuan saya yang lahir pad bulan agustus, untuk nama depannya sudah ada tetapi apa artinya ” RIEVA ” dan mohon untuk ditambahkan lagi namaya yang sesuai, terimakasih

  17. Assalammu’alaikum WR.WB

    Mohon bantuannya kepada rekan2 untuk menerjemahkan nama bayi laki2 ke dalam bahasa arab yg utuh “pemimpin pejuang yg berhati/berjiwa mulia”. Mohon segera dibalas emaildari saya Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    Wassalam
    Indah K

  18. assalammu’alaikum wr. wb

    istri saya sekarang sedang hamil neh anak kami maunya diaksih nama “KIANU” tapi bingung apa artinya dan kalo di Islam ada gak?

    makasih
    Wassalam

    Aryo

  19. saya minta tolong apa arti nama di bawah ini:
    1.ZEEVA ARNAAFIFAH SETIAWAN,DAN
    2. GHOZALLI AL-FURQON SETIAWAN
    terima kasih atas bantuanya….

  20. Saya minta tolong apa arti nama dibawah ini:
    Attariq Miracle Azharo
    Azharo Miracle El-Faradis
    apa nama2 tersebut sudah mengandung bahasa arab?dan artinya bagus?
    untuk insyallah Putra pertama saya yang lahir 2 bulan lagi

  21. Saya ingin bertanya apakah nama :
    Figlio Pasha Sunni
    Delmora Rayhan Putra
    mempunyai makna dan arti yang bagus dalam islam, thanks

  22. tolong jangan telaluh mengarah ke agama soalnya kalau yang baca orang kristen bagaimana pasti tidak enak kan lagi pula ini kan arti nama secara umum bukan arti nama bagi seorang muslim

  23. APA ARTI NAMA ANAK- ANAK KAMI :
    – HANDYAN ALKASYAH
    – VICHA ALFASYAH PUTRI
    – ERVINA AUREL ANDI AZIZAH
    – NINA KHADIJAH SOERYOTOMO
    – DONITA AISYAH SOERYOTOMO

  24. Saudara saya lg gelisah, dengan namanya, karena baru tahu
    Tina : ( Pengikut kristus)
    Dennis : pensuka minuman (Bhs Yunani)
    Apakah yg harus dilakukan? ganti nama (proses birokrasi yg panjang), atau dibiarkan saja, karena ketidaktahuan, yg penting niat tdk ada unsur apa-apa, yg penting menjalani hidup diisi dng ibadah dan manfaat.

  25. Kasih referensi dong kumpulan nama nama anak cowok dari gabungan bahasa latin, islami dan sansekerta, please !!!! bagi yang punya stok kirim ke email gue dong.

  26. anak kedua saya baru lahir, tapi sampai saat ini belum saya beri nama.sebenarnya saya punya dua alternatif nama,tapi saya belum yakin artinya dan maknanya,tolong dong bantuin gue
    1. Muhammad Edgar Gawtama
    2. Muhammad Darell Sinatrhya

  27. anak kami insya Allah lahir seminggu lagi, kami lagi bingung mencari nama yang baik dan islami, mohon tolong agar dibantu mencarikan nama untuk anak kami yang insya Allah laki-laki

  28. Ass.
    nama sya fachryan akbar dri dlo sya ingin tau arti dri nama sya ini…
    dan apa di bplehkan jika klak sya pnya anak dan sbagian nama sya ada sama anak sya atau apa boleh perpaduan nama ortu di beri tuk anak2 mreka????

  29. Ass.Wr.Wb.
    Saya ingin memberi nama anak kami yang Insya Allah akan lahir di bulan Januari ini dengan nama “FADHIARRAHMAN AZRI”, bagaimana artinya, cocok tidak ? tolong kirimkan jawabannya juga ke mailboxku, thanks, wass.

  30. apa arti dari nama Apriyani Bilki Samosir dan saya lahir di bulan april tgl 29 1989 tolong kirimkan melalui email saya. thanks

  31. Dear luvilove,
    mohon referensi nama bagus islami untuk tambahan/kombinasi anak cowok (muhammad masykur) dan cewek (Syakira).

    Terimakasih
    love selalu

  32. Puteri pertama saya saya namakan “Keisha Diva Faradisa” artinya
    Keisha (arab) = seperti Aisha (Ka-Aisha)
    Diva (italia) = dewi
    Faradisa (sanskrit) = Firdaus (Paradise)
    Jadi arti lengkapnya “seperti Aisha sang Dewi Firdaus”

    Anak kedua saya akan lahir satu bulan lagi dan insya allah laki2. Akan saya namakan “Ahmad Zydan Echlasso” artinya
    Ahmad (arab) = terpuji
    Zydan (afrika) = naik / bertambah
    Echlasso (arab modifikasi) = keikhlasan dia (ikhlasuhu)
    Jadi arti lengkapnya “Orang terpuji yang salalu bertambah keikhlasannnya”

  33. ass. saya minta tolong carikan nama2 anak perempuan yang indah dan modern dalam islam dan memiliki arti?.trimakasih wasslm…….

  34. Saya sudah hamil 8 bulan tapi sampai saat ini saya dan suami saya belum juga mendapatkan nama untuk bayi anak laki-laki saya yang pertama. Tolong bantu saya, carikan nama bayi laki-laki yang modern namun mengandung arti yang baik dalam islam.
    Terima kasih

  35. ass..wr wb
    tolong kirimin saya nama2 bayi laki2 dan juga perempuan yang mempunyai arti baik dan indah kedengarannya…modern dalam islam.

    wassalam

  36. mohon bantuannya untuk mencarikan nama yg modern&islami untuk putri pertama saya dengan nama depan ALYA atau ALIFAH.Trima kasih

  37. kalau untuk anak laki / perempuan yang akan lahir akhir april / awal mei 2008, siapa ya nama yang bagus menurut islam & modern ?

  38. keponakan saya insya Allah akan lahir dalam waktu dekat ini, sekitar awal maret dan diperkirakan perempuan. kakak saya sudah mempersiapkan nama..
    Minta tolong di artikan untuk nama keponakan saya ini:
    Hafniza Kazyuna.
    Sebenarnya, kami mau menambahkan satu kata lagi yang artinya cerdas atau pandai dalam bahasa Arab. Kalau bisa, tolong di carikan nama untuk anak perempuan yang artinya pandai..
    Terima kasih sebelumnya..

  39. Iya, benar, nama yg bermakna baik akan membuat orang yang memanggil sekaligus mendoakannya. Misal kalo di jawa, ada yg punya nama Bagus, jadi tiap ada yg manggil dia kan seakan mengonfirmasi bahwa orang tersebut memang “bagus” (tampan, baik, dlsb). Faktanya, banyak loh orang2 yg memberi nama anaknya (http://www.artinamaku.com) hanya berdasarkan enak didengar atau semacamnya, padahal kadang ternyata artinya nggak tau, atau yg celaka lagi, artinya gak terlalu baik. Gimana dong kalo udah kayak gitu? Kasihan kan si anak kelak?

  40. keluarga suamiku ank2nya berawalan huruf G smua,,,aku cari nama yang berawalan G,,,buat perempuan dan laki2,,
    saya sudah ada gambaran tapi ga tau artinya,,
    1. GIBRAN MALIK
    artinya apa???ada rekomendasi nama yang lain???dan apa arti nama saya”RITA ANGGRAINI”

  41. hay… buat semua yang ngebaca pesan q ne… q mau tanya apasih arti nama anggita?? q gak tau knp bokap, nyokap gw kasih nama ini buat q…

    saat q tanya mereka mereka malah jawab ga tau…
    sedih bgt ga c..??? kesannya q ga berarti bgt bwt mrka….
    tolong bantu q iah….

    km bisa kirimin jawaban km ke email q : githa_euforia@yahoo.com

    thx bgt bwt kalian yg udah mau kasih jawaban ke q ….

  42. allow…
    saya akan menjdi bapak tapi saya bingung mencari nma buat anak saya kelak.
    apa arti nama dari RIFFAT FAHREZY FIRJATULLAH..
    Thanks…

  43. ass…saya insyallah dalam tiga bulan ke depan saya sudah menjadi ayah bagi. Untuk itu saya mohon bantuannya untuk dicarikan nama untuk anak saya yang berkemungkinan perempuan. Saya menginginkan nama yang simple, tidak terlalu panjang, dan islami. Kalau bisa namanya tidak terlalu banyak diberikan untuk anak perempuan lainnya.

    Banyak banget ya permintaan…namun tolong ya please…..

  44. Ass Wr Wb

    “Arfa Nafilla Putera A”. ” A” adalah dari nama saya sbg orang tua, nama tersebut apakah bagus untuk diberikan pada anak lekaki pertama, dan apa artinya?

    Terima kasih banyak ya sebelumnya.

    Wss Wr wb

  45. Ass.Wr.Wb

    InsyaAllah anak pertama kami akan lahir awal bulan April ini.tlg dikirim nama yang modern tapi islami.

    trima kasih sebelumnya.

    Wss Wr wb

  46. Ass… Insyallah saya menjadi ayah bagi putra kami yg pertama. Untuk itu saya mohon bantuannya untuk dicarikan nama untuk anak saya yang berkemungkinan lelaki (hasil USG).

    Insya Allah, putra kami akan lahir di bulan Juni / Juli…kami bingung untuk memberi nama islami yg jg berhubungan dgn bulan kelahirannya.

    kami berterimakasih sebelumnya

  47. Kita menyedari bahwa memilih nama yang indah dan sempurna untuk bayi kita yang baru lahir memang sangatlah sulit. Apalagi daftar calon nama yang kita miliki amat sedikit. Untuk itu, di sini kami menyediakan ribuan variasi nama islami yang indah dan mudah. http://www.namaislami.com

  48. aslkm…
    sebentar lagi saya mau punya keponakan,niatnya sich mau nyumbang nama gitu tapi g tau nama yag bagus,jadi tolong saya dikirimi nama2 bayi yang bagus modern islam plus unik gitu, menurut hasi usg sich cowok.makasih

  49. ass…………. nama saya roji,saya mo tanya, arti dari nama ini apa ya……….. “azzura” makasi ya……

  50. istri saya akan melahirkan bulan jini besok, tolong kirimkan nama-nama islam dan modern pokoknya yang bagus ya ? tanks banget

  51. Mr. Hadi, anda tinggal di daerah mana??
    Boleh ga saya pake nama pilihan anda Muhammad Tristan Shaquille??

  52. Saya pengin sekali menamai anak laki2 saya dengan nama seperti nama anak pak hadi : Muhammad Tristan Shaquille, tapi ga enak kalo musti sama banget..Jadi tolong kasih saya saran donk, kira-kira saya harus kasih nama tengah apa ya sebagai ganti Tristan???
    Tolong ya..Makasiiiiiihhhhhhhh……..

  53. tolong donk kasi masukan nama untuk anak laki-laki kami yang insya allah akan lahir 2 bulan lagi………tentunya nama yang berbau islami…….dan mempunyai arti yang bagus…….soalnya sampai sekarang saya belum dapat nama yang bagus…….tolong ya…..makasih……

  54. apa sih arti dari FIRAUN……?????????????
    nama itu dipakai sebagai nama gan’k kita…
    plizzzzz di arti’in,,,,,,,
    wassalam………….

  55. istri saya sedang hamil 7,5 bulan truz saya kebingungan tuk mencari nmx…
    menurut anda nma yg mana yg pantas untuk anak saya??
    – nabila arifin putri
    – dyarif ibrahim
    – anatasya jeya saputri
    – aris saputra

  56. istri saya sedang hamil 8 bulan, and saya lg bngung cari nama buat anak saya nanti. truzz kata dokternya anak saya sich perempuan. kira2 nama pa aja yg bagus buat anak saya. plizzzzz
    lebig bagus lgi klo namanya ada nuansa islami nya ^__^v
    makasih y

    wassalam……………………. 🙂

  57. saya mau tanya, apa benar klu mau cari nama harus nama arab.agar si anak bakala sifat nya seperti nama nya

  58. Assalamualaikum Wr.Wb

    saya punya nama buat anak paman tapi saya belum tau arti dari nama tersebut bisa tolong bantu gak, nama itu baik apa tidak artinya.
    nama yaitu ” M. Afghan Tri Ikhsan

  59. Saya Ingin Nama Bayi Laki2, Tapi Agak Trend dan Saya Ingin Nama Saya Juga Tercantum Di Dalamnya. Nama Saya “Adji Cahyo Maulana Akbar.” Saya Minta Tolong Secepatnya. Terima Kasih.

  60. nama aisyah syarafina apa ada artinya dalam al-Qur’an? Klo ada apa artinya!
    Arti dari nama Nabil alfarizky putra dan yuni astuti.
    terima kasih sebelumnya

  61. nama radya hilman maulana apakah mempunyai arti yang baik dan bagus mohon komentarnya dan arti dari nama tersebut
    terimakasih sebelumnya

  62. Assalamualaikum Wr.Wb
    saya telah dikaruniai seorang anak laki-laki, anak saya lahir pada bulan juli… tolong dong! berikan nama yang cocok buat anak saya…tentunya yang berbau islam dan mempunyai arti yang bagus…

  63. minta tolong diartikan nama – nama di bawah ini
    1. Zahra Mutiara Ramadhani
    2. Muhammad Akbar Fahmi Mulyana
    terima kasih atas bantuanya.

  64. fendi Lubuklinggau
    Ass. insya Allah , menurut perhitungan bidan istri tercinta saya akan melahirkan pada akhir januari atau awal Februari, saat ini sedang hamil berjalan 4 bulan, saya sedang mencari nama yang bernuansa islami..
    bisa bantu nggak cariin nama
    jika lelaki apa namanya
    dan begitu juga sebalikya
    bagi yang telah memberikan inspirasi, secara tidak langsung telah memberikan nama kepada anaknya Wass

  65. asslm….
    tolong di kirimin daftar nama-nama anak beserta artinya untuk bayi laki-laki, karena insya Allah november ini saya akan melahirkan bayi laki-laki anak ke 2 saya. Masalahnya saya dan suami sedang bingung cari nama yang bagus.
    wass…

  66. Insya Allah Idul Fitri 1429 H ini anak pertamaku lahir, udah punya nama nih, perkiraan USG dokter anaknya laki-laki. Tp ga masalah, mau laki-laki atau perempuan sama aja lah. Aku punya nama nih, tp tolong minta bantuan cariin artinya ya.
    Laki-laki : “Rheiza Aqhieela Al Fathir”
    Perempuan: “Rhyani Makayla Maheeraqiel”/”Vhannieessa Makayla Maheeraqiel”
    Tolong ya carikan Artinya

  67. mau nanya donk…
    arti nama “azzura aquilla kinara” apa??
    tolong cepet dibalaz yach… makasihh….
    soalnya dah kebelet lahir nie anaknya… hhehehee

  68. ass..apa arti Muhammad Farras El Hafizh, bolehkah asmaul husna dipake dengan penulisan tersebut? tks.wass.

  69. Assalamuailakum,
    mohon info dunk , apa kalimat yang bagus untuk anak perempuan ya. Untuk mewakili peristiwa “waktu dilahirkan wajahnya menghadap keatas/langit. Thanks

  70. assalammualaikum…

    minta tolong,..anakku laki2, dgn nama NAIL RABBANI ANDAR, yg jd pertanyaan, arti kata NAIL dlm islam apa.
    terimakasih

  71. kami baru mempunyai momongan yg k 3 tapi belum ada nama kami bermaksud minta tolong untuk memberi nama anak kami yg baru lahir tgl 2-12-2008 klmn laki2 agama islam dan nama dpn hrs pakai muhammad trim.

  72. Assm Wrwb

    InsyaALLAH anak ke-2 saya akan lahir bln mei,… jadi mau minta tolong dikirimkan nama2 islam modern ya….

  73. Ass. Wr. Wb.

    InsyaALLAH anak saya lahir akhir bulan desember ini, menurut informasi dokter anak saya perempuan, tolong di kirimkan nama2 islami moderen ya…

    sekalian nanya.. kl KAYLA AZZURA artinya apa ya…

    Terima kasih banyak sebelumnya..

    wass wr. wb.

  74. assalamualaikum,
    Tolong dong carikan kami nama anak pertama kami,dua nama untuk laki dan perempuan.yang artinya anak/pemimpin/orang yang bermanfaat dan sukses.

    tolong artikan nama berikut:
    1. Keisha Diva Arfaiz
    2.Muthia kamil arfaiz
    3.Muhammad Arfaiz Adikusuma
    4.Muhammad Adi Arfaiz

    terimaksih ya…
    ditunggu jawabannya
    wassalam,

  75. nama ku rima dan akbar ,kira2 klo disatukan mnjdi sbuah nma anak lki2 dan prmpuan dlam nma mesir(islam)(krn suamiku ktrunan msir) modern dan artinya apa y?mhon jwbanny,thanx bget y

  76. salam sejawat,saya minta tolong utk diartikan nama anak saya:
    1.Naima Nurania khansa(khansa)
    2.Arifia Nijananda (naja)

    terima kasih

  77. assalamualaikum….

    tolong artikan nama dari Pungki Sukmandari donk…..

    tolong dng sangat dibalas dng cepat…..

  78. Assalamu ‘alaikum wr.wb.
    Saya sedang menunggu kelahiran anak pertama saya, dan saya mempunyai beberapa nama untuk anak laki-laki dan perempuan.
    tolong artikan nama :
    1. FACHREZI ALI DONNY
    2. RAMA ALI DONNY
    3. MUTHIA RATNADILLA
    4. CHIKA RATNADILLA

    terima kasih
    Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

  79. assalamu’alaikum.

    nama saya Taiyeb, dan Nama istri saya FETTY SUKMAWATI
    Anak pertama Namanya : Tsaniah Ika septiawati
    yang ke dua : Muhammad Raihan al hidayat
    dan yang ke tiga perempuan : belum ada nama. tolong
    Tolong sekiranya nama yang pantas untuk putri saya, yg lahir tgl 4.februari 2009. menurut islam, WASSALAM
    Taiyeb

  80. assalamu’alaikum.

    nama saya Taiyeb, dan Nama istri saya FETTY SUKMAWATI
    Anak pertama Namanya : Tsaniah Ika septiawati
    yang ke dua : Muhammad Raihan al hidayat
    dan yang ke tiga perempuan : belum ada nama. tolong
    Tolong sekiranya nama yang pantas untuk putri saya, yg lahir tgl 4.februari 2009. menurut islam,
    trimakasih
    WASSALAM
    Taiyeb ( makassar)

  81. assalamu’alaikum.

    nama saya Taiyeb, dan Nama istri saya FETTY SUKMAWATI
    Anak pertama Namanya : Tsaniah Ika septiawati
    yang ke dua : Muhammad Raihan al hidayat
    dan yang ke tiga perempuan : belum ada nama.
    Tolong sekiranya nama yang pantas untuk putri saya, yg lahir tgl 4.februari 2009. menurut islam,
    trimakasih
    WASSALAM
    Taiyeb ( makassar)

  82. Bapak Taiyeb dan Ibu Fetty Sukmawati di makasar, saya punya nama yg bagus untuk putri bapak yaitu : Fildzah Febriani Putri
    Fildzah = belahan hati
    Febriani = dari nama bulan Februari
    Putri = wanita
    mudah-mudahan menjadi anak yg soleh soleha, berguna bagi keluarga, agama, bangsa, dan negara.
    Amin ya robbal alamin.

  83. Ass..nama sy teddy febrian & istri dewi yulia sasmita, Insya Allah kndungn istri sy sdh 7 bln, tlg dunk bntuin cr nm prempuan yg islami klo bs di tmbh pnggbungan nm sy&istri..tlg krm k email sy..tq../tfebrian@yahoo.com

  84. ass..nama saya Rebby Mulya Setiadi & istri Mira Yasa Natapradja,
    saya punya anak yg baru lahir kmaren tanggal 12 februari tolong dong cariin nama yg bagus da islami, kirim ke email
    rebby@dycode.com
    terima kasih

    Wassalam

  85. Assalamu’alaikum ,saya mau tanya arti dari nama Hudori dan Hudri menurut agama islam? tolong balas ke alamat e-mail saya!!! Terima kasih

  86. Assalamu’alaikum

    nama saya suparno alhamdullah saya baru punya anak ke-2 lahir tgl 14 feb 2009 , rencana mau saya kasih nama FATTAN FACHREZY, Tapi saya tidak tahu arti yg sebenarnya! untuk nama depan ( Fattan ) dari bahasa arab, untuk nama Fachrezy , apakah nama tsb dari bahasa arab? dan apa artinya?

    Nanti kirim jawabanya ke email : suparno2002@yahoo.com

    terima kasih atas bantuanya.

    Wassalam….

  87. Assalamu’alaikum

    nama saya suparno alhamdullah saya baru punya anak ke-2 lahir tgl 14 feb 2009 , rencana mau saya kasih nama FATTAN FACHREZY, Tapi saya tidak tahu arti yg sebenarnya! untuk nama depan ( Fattan ) dari bahasa arab, untuk nama Fachrezy , apakah nama tsb dari bahasa arab? dan apa artinya?

    Nanti kirim jawabanya ke email : suparno2002@yahoo.com

    terima kasih atas bantuanya.

    Wassalam….

  88. assalamu’alaikum saya irma dwiyanti, saya ingin tahu arti dr nm saya dalam Al Qur’an

  89. assalamu alaikum,
    anak saya baru lahir seorang wanita lahir Senin,9 maret 09 (tepat Maulud Nabi SAW) jam 18.25…nama yang cocok untuk dia apa yah???
    mohon informasinya yah,trima kasih,wassalam

  90. Ass, saya sedang mencari nama untuk anak laki2 dan anak perempuan.
    penginnya dr bhs arab, 3 kata di tengahnya pake NUR.Sudah ketemu tp kok blm sreg bgt.
    rencananya insya Allah utk :
    laki2 : Dafi Nur Fadhiarrahman (dafi= motivasi,nur=cahaya, arrahman = penyayang)
    perempuan : Nadhifa Nur Az-zalfa (kulit mutiara yg bersih & bercahaya).
    yg belum tau arti Fadhi apa ya?dafi atau daffi?benar ga susunan nama2 tsb?
    mohon bantuannya segera ke email sy…terima kasih.

  91. Saya pengen tahu arti nama:
    1. Raditya Malik Maulana
    2. Malik Nur Al Firdaus
    3. Malik Al Fachrezy
    4. Muhammad Nur Khanza
    kira2 bagus atau tidak arti nama2 tersebut? Urutannya sudah betul tidak? Harap dibalas ya. Terima kasih

  92. Tolong donk aq kasih tau apa arti nama anak perempuan ” Keisha Namira Zenechka” dan anak laki laki “Rheiza Aqhieela Al Fathir”

  93. Tolong artiin dong arti nama “KINARA QUEENSHA ANNAYA”…aku suka banget sama nama itu,insyaallah utk anak kedua nanti…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s