Doa

Kumpulan Do’a

kaligrafi (5)

KLIK JUDUL UNTUK DOWNLOAD BUKU

KUMPULAN DOA-DOA

KUMPULAN DOA

KEUTAMAAN DOA, WIRID, ZIKIR

DOA PEMIMPIN TAWADHU


“Dan Tuhanmu berkata ,Berdo’alah kamu kepada-Ku, Pasti akan kuperkenankan permintaanmu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina-dina” (Q.S. Al Mu’min : 60).

Pengertian berdo’a adalah memohon atau meminta pertolongan kepada Allah SWT, tetapi bukan berarti hanya orang yang terkena musibah saja yang layak memanjatkan do’a. Sebagai seorang Muslim kita layak berdo’a walaupun kita dalam keadaan sehat. Do’a merupakan unsur yang palin esensial dalam ibadah. Sebagaimana Sabda Rasulullah saw “Do’a itu ibadah” (H.R. Abu Daud, Tirmizi, Nasai dan Ibnu Majah). “Tiada sesuatu yang paling mulia dalam pandangan Allah, selain dari berdo’a kepada-Nya, sedang kita dalam keadaan lapang”(H.R. Al Hakim). Didalam berdo’a ada tata cara. waktu dan tempat berdo’a.
1. Tata cara berdo’a

a. Menghadap Kiblat

Hal ini berdasarkan sebuah hadis “Rasulullah datang ketempat wuquf di Arafah dan ia menghadap kiblat lalu terus menerus berdo’a sehingga tenggelam matahari”

b. Membaca Hamdalah atau pujian, Istighfar dan membaca Shalawat

Salah seorang Sahabat Nabi berkata : “Ketika Nabi Muhammad saw duduk dimesjid, tiba-tiba datang seorang laki-laki masuk, lalu ia shalat. Setelah selesai ia membaca doa,’Allahummaghfirlii warhamnii’. Maka waktu itu Rasulullah pun berkata, wahai kawan, engkau terburu-buru. Jika kau shalat, duduklah dahulu kemudian bacalah puji-pujian kepada Allah. Karena dia yang memiliki pujian itu, lalu kau baca shalawat kepadaku kemudian baru berdo’a .Kemudian datang seorang yang lain setelah shalat ia memuji Allah dan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad saw. dan setelah itu Nabi bersabda, Berdo’alah akan dipenuhi.”

c. Dengan suara lembut dan rasa takut

Sebagaimana Firman Allah SWT yang berbunyi, “Berserulah (Berdo’a) kepada Tuhanmu dengan merendahkan diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah engkau berbuat kerusakan dibumi sesudah (Allah SWT ) memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak diterima) dan harap (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S. Al A’raf : 55-56)
d. Yakin akan dipenuhi

Di dalam berdoa kita harus yakin dan berprasangka baik kepada Allah, seperti hadis berikut ini : “Sesungguhnya Alla ‘Azza wa Jalla berfirman : Aku akan mengikuti prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku selalu menyertainya apa bila ia berdoa kepada-Ku”.
2. Waktu yang paling baik

a. Antara azan dan Iqamat.
b. Menjelang waktu shalat dan sesudahnya.
c. Waktu sepertiga malam yang terakhir.
d. Sepanjang hari jum’at
e. Antara Dzuhur dan Ashar, serta Ashar dan Maghrib
f. Ketika Khatam membaca Al-Qur’an
g. Ketika Turun hujan.
h. Ketika melakukan Tawaf.
i. Ketika menghadapi musuh dimedan perang.
3. Tempat-tempat yang baik untuk berdo’a

a. Di depan dan di dalam Kabah.
b. Di masjid Rasulullah saw.
c. Di belakang makam Nabi Ibrahim as.
d. Di atas bukit Safa dan Marwah.
e. Di Arafah, di Muzalifah, di Mina dan disisi jamarat yang tiga.
f. Di tempat-tempat yang mulia lainnya seperti Masjid atau Mushalla.

Do’a Sehari-hari

Do’a – do’a ini disusun berurutan berdasarkan kejadian yang kita alami sejak bangun tidur pada pagi hari sampai tidur kembali pada malam harinya. Do’a disini tanpa ada do’a yang berhubungan dengan ibadah karena akan disajikan di halaman do’a seputar ibadah
1. Do’a Ketika Bangun Tidur
“Alhamdu lillahil-ladzi ahyaanaa ba’da maa amaatana wailaihin – nusyuur” artinya : “Segala Puji bagi Allah yang menghidupkan kami sesudah mati/tidur kami, dan kepada-Nya kami kembali”
2. Do’a Ketika Mimpi Baik
“Alhamdulillahil-ladzii qadlaa haajati” Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku”
3. Do’a Ketika Mimpi Buruk
“Allahumma inni a”uuzu bika min ‘amalisysyaithaani wa sayyiaatil ahlaami” Artinya : “Yaa Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dari mimpi-mimpi yang buruk”
4. Do’a Sebelum Masuk WC

“Bismillahi, Allaahhumma innii a’uudzu bika Minal khubutsi wal khabaaitsi”Artinya : “Dengan nama Allah. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan para setan”

5. Do’a Setelah keluar WC
“Alhamdu lillahil-ladzii adz-haba maa yu’dziannii wa abqaa fiyya maa tanfa’unii” Artinya : “Segala Puji bagi Allah yang telah menghilangkan apa yang menyakitkan aku dan menyisakan apa yang bermanfaat bagiku.”
6. Do’a Hendak Berpakaian

“Bismillahari rahmaanir rahim. Allaahumma inni as-asluka min khairihi wa khairi maa huwalahu wa a’uudzu bika min syarrihi wa syarri maa humalahu” Artinya : “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Yaa Allah, aku memohon kepada-Mu dari kebaikan pakaian ini, dan kebaikan sesuatu yang ada dipakaian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan pakaian ini dan sesuatu yang ada dipakaian ini”
7. Do’a Ketika bercermin
“Al hamdulillaahil ladzi sawwaa khalqi fa’adda=lahu wa karramahu shurata wajhi fa nahaa wa ja’alani minal muslimin” Artinya : “Segala puji bagi Allah yang menyempurnakan kejadiaanku dan memperindah dan memuliakan rupaku lalu membaguskannya dan menjadikan aku muslim”
8. Do’a Sebelum Makan

“Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar”Artinya : “Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka”
9. Do’a Sesudah Makan

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa muslimiin” Artinya : “Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam”

10. Do’a Keluar Rumah
“Bismillahi tawakkaltu ‘alallah wa laa haula walaa quwwata illaa billaahi” Artinya : “Dengan nama Allah aku berserah diri kepada-Nya, dan tiada upaya kecuali dengan pertolongan Allah”
11. Do’a Berpergiaan
“Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi annaa bu’dahuu, Allahumma antashshaahibu fis-safari wal khaliifatu fil ahli”Artinya : “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”

12. Do’a Naik Kendaraan Darat
“Subhaanal ladzi sakhkhara lanaa haadzaa wamaa kunnaa lahu muqrinina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuuna” Artinya : “Maha suci Tuhan yang memudahkan ini kendaraan bagi kami, sedangkan kami tiba bisa memudahkan kepada-Nya, dan kepada Allah kami kembali”

13. Do’a Naik Kendaraan Laut
“Bismillaahi majraahaa wa mursaahaa innaa rabbi laghafuurur rahimu” Artinya : “Dengan nama Allah, yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku Pemaaf lagi Pengasih”
14. Tiba ditempat Tujuan
“Al hamdulillaahil ladzi salamani walladzi aawani wal ladzi jama’asy syamla bi” Artinya : “Segala puji bagi Allah, yang telah menyelamatkan akau dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkankanku dengan keluargaku”
15. Do’a Hendak Masuk Rumah

“Allaahumma inni as-aluka khairal-muulaji wa khairal mukhroji bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa” Artinya : “Yaa Allah, aku minta kepada-Mu baiknya runah yang kumasuki dan rumah yang kutinggalkan. Dengan nama Allah kami masuk rumah, dengan nama Allah aku keluar rumah, serta kepada-Nya aku berserah diri”

16. Do’a Melepas Pakaian
“Bismillaahiiladzi laa illaaha ilallahuu” Artinya : “Dengan nama Allah yang tiada tuhan selain-Nya”

17. Do’a Sebelum Tidur.

“Bismikallaahumma ahyaa wa amuut” Artinya : “Dengan nama-Mu yaa Allah, hidupku dan matiku”

Do’a-do’a dalam keadaan tertentu
1. Suami, Istri, anak dan orang tua

a. Ucapan suami kepada istri dimalam pengantin

“Allahuma inni as-aluka khaira khairama jabaltaha ‘alaiha. Wa a’udzu bika min syarriha wa syarrima jabaltaha ‘alaihi” artinya : “Wahai Tuhanku, aku mohon kepada-Mu kebajikannya dan kebajikan tabiatnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan tabiatnya”

b. Untuk suami istri yang mandul

“Bismillahir rahmanir rahimi. Rabbi la tadzarni fardan wa anta khairul waritsina” Artinya : “Dengan Nama Allah yang maha pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah waris Yang paling baik”

c. Untuk merukunkan kembali suami istri yang akan bercerai

“Wa alqaitu ‘alaika mahabbatan minni wa litushna’a ‘ala ‘aini” Artinya : “Aku jatuhkan padamu rasa kecintaan dariku dan agar diperbuat oleh kamu atas mataku”

d. Dianugrahi Istri dan anak yang shaleh

“Rabbana hab lana min azwajina wa dzuriyyatina qurrata a’yunin waj’alna lil muttaqina limaman” Artinya : “Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami dari istri-istri kami dan anak cucu kami yang menyenangkan kami dan jadikanlah kami sebagai ikutan bagi orang-orang yang bertaqwa ” (QS. Al-Furqan : 74)

5. Agar anaknya menjadi orang yang berilmu
“Allahummaj’alni wa auladi wa dzurriyyati min ahlil’ khairi wa la taj’alni wa iyyahummin ahlis su-i wa ahlidh-dgairi warzuqni wa iyyahum ‘ilman nafi’an wa rizqan wa si’an wa khuluqan hasanan wattaufiqa lith-tha’ati wa fahman nabiyyina” artinya : “Ya Allah, jadikanlah aku, anak-anakku, dan keluargaku termasuk dari golongan orang yang baik. Dan janganlah Engkau jadikan aku serta mereka dalam golongan orang yang jahat, dan orang yang membuat mudharat. berilah rezeki kepadaku dan kepada mereka berupa ilmu yang bermanfaat, rezeki yang lapang, budi pekerti yang baik, pertolongan untuk taat, dan kepahaman mengenai para nabi”

6. Untuk kedua orang tua

“Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shaghiran” Artinya : “Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah serta ibuku, kasihanilah mereka sebagaimana kasih mereka padaku sewaktu aku masih kecil”.

20 thoughts on “Doa”

  1. Sehabis shalat jgn lupa do’akan bapak ibu kita. Kalau dia masih ada di dunia ini, mintalah perlindungan Alloh untuknya, dan mint agar mereka (kedua ortu) diberikan kesehatan, murah rejeki, dan diberikan umur yg panjang dan barokah..
    Dan kalau dia sudah tidak ada di dunia ini lagi, mintalah ampunan untuknya, dan dilapangkan kuburnya. dan berdo’alah semoga dia termasuk penghuni surga.
    Amin yaa Robbal ‘alamin

  2. Saya selalu dimusuhi oleh orang orang yang tidak senang dengan saya, malahan saya selalu berbuat baik pada semua orang,malahan saya sering dipojokan oleh masaalah apa saja, dan saya selalu meminta perlindungan pada Tuhan, apa kiranya doa yang baik buat saya, salam dan etrima kasih

  3. assalamuallaikum,
    saya edi dan seorang mualaf. saat ini saya sudah menikah…saya ingin sekali belajar bahasa arab dan doa-doa yang benar. namun saya malu kalau harus memanggil guru atau privat. oleh karena itu apakah bisa belajar dengan cara online dan bagaimana caranya? serta bagaimana doa kalau akan melakukan hubungan suami istri? terima kasih

  4. ajiib blognya mudah2 banyak yg meniru..hidup syarifah…hidup syarifah…seharusnya emang harus pke bhs gaul yaa,biar thoriqoh aliwyyin nei di pakai kalangan mudahnya..syukur2 klo mereka mau mensoialisasikannya…

  5. Sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat kepada hamba-hambaNya yang memohon. Allah mengabulkan doa bagi hamba-hambanya maka berdoalah pada Allah niscaya dikabulkan.

  6. Tidak akan terjadi sesuatu kepada manusia kecuali telah tertulis dalam Lauhil Mahfudz, tetapi kita sebagai manusia harus tetap berusaha dan berdoa. Semoga doa dan amalan kita diterima Allah SWT

    Sesungguhnya cinta yang abadi adalah cinta Rosul kepada ummatnya. Hingga akhir hayatnya Rosul menyebut kita semua dengan ucapan “Ummati…. Ummati……. Ummatiii….”

  7. ana lagi tugas belajar di S2UIN Yogyakarta dari pesantren. mohon dao agar cepat selesai dan hasil yang maksimal untuk segera ana amalkan dan tularkan kepada santri-santri ana.

  8. Ass,
    Siapa tw mbak tw,
    Prnah bca,klw brdo’a abis sholat tuh bid’ah.
    Bnr ga’ ya mbak?
    Ktnya brdo’a itu, ktika dlm sholat itu sndiri
    So,,,,

  9. for mas abu faqih…..
    ketika rumahmu terbakar maka doamu adalah mengambil ember dan menyiramkan air di api yg membara itu, ketika engkau tidak punya uang, doamu adalah keluar rumah dan lakukan sesuatu agar mendapat uang, ketika engkau sekolah dan ingin cepat lulus, maka doamu adalah belajar dengan sungguh2…..meskipun engkau tetap wajib berdoa memohon kepada-Nya agar diberi kemudahan atas segala yang engkau jalankan…..

  10. om ap antum ga bisa nulis arab di words kok doanx ditulis latin, copy paste gampang kok wong ga pake copyrighted gitu aja kok repot af1!

  11. mohon ridho n iklhasnya mencopy artikel antum,
    insyallah bermanfaat bagi orang awam kaya ana.
    jaza kallah khairan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

https://saidnazulfiqar.wordpress.com

%d bloggers like this: