Sabandsa

http://sabandsa.multiply.com/

Sabandsa Band
sabandsa
Sejarah Singkat SABANDSA

7bc0.2 2989.2
sabandsa
SABANDSA berasal dari bahasa arab ( Mesir ) yang berarti belakang gerbong metro ( kereta ) yang terakhir yang biasa ditumpangi oleh orang orang yang tak berduit, atau SABANDSA juga bisa dikatakan berasal dari bahasa Aceh ( saban sa = sama satu atau selalu bersama, karna personilnya berasal dari berbagai daerah di indonesia/ berbeda beda tetap satu ), sering dipelesetin menjadi SABANDSA DAN SATANAH AIR bahkan sering juga diplesetin SABANDSA ( Sekarang Ngeband Besok Susah ).

sabandsa
Dari semua makna yang terkandung di dalam kata kata sabandsa tersebut ternyata memang sangat sesuai dengan keadaan dan kondisi band ini yang mungkin dilatar belakangi oleh keadaan masing masing personilnya, dari situlah muncul ide untuk menamakan band ini dengan nama SABANDSA yang merupakan estafet dari nama band sebelumnya SENDIKA ( sanggar seni dinamika ) diplesetin SENDIKA ( senggol dikit kacau ) yang didirikan dan resmi menjadi sebuah sanggar di cairo pada tanggal 20 july 1993. namun dalam kepengurusan sanggar telah terjadi begitu banyak penyimpangan dan pendiskriminasian terhadap tujuan sanggar dan nilai nilai seni maupun moral yang berdampak sangat negatif atas kelangsungan sanggar, maka kami dari personil SENDIKA band (seni music sanggar) merasa sangat bijaksana jika sanggar tersebut dibubarkan.

sabandsa
Pada tanggal 25 sep 1997 band ini resmi menggunakan nama SABANDSA sebagai nama dari salah satu band yang independen yang ada di cairo.

sabandsa

Mahasiswa Indonesia di Mesir yang kuliah di Al azhar university datang dari berbagai daerah di Indonesia dengan keanekaragaman culture maupun bakat dan tujuan, menambah corak bagi kehidupan mahasiswa cairo itu sendiri, tidak semua mahasiswa Indonesia yang ada di mesir adalah utusan DEPAG (Department Agama) bahkan lebih banyak yang terjun bebas (Biaya Sendiri) sehingga tidak menutup kemungkinana adanya tujuan lain yang terselubung di balik kedatangannya ke cairo, atau dalam bahasa kasarnya tujuan ke cairo adalah sebagai pelarian. Agar semua berjalan baik tak menyimpang dari agama maupun norma norma masyarakat yang ada, semua bakat yang dimiliki oleh mahasiswa ditampung oleh badan pengembangan bakat dan seni PPMI (persatuan pelajar mahasiswa Indonesia) maupun sanggar sanggar seni yang ada di cairo. Maka tidak heran jika mahasiswa al azhar pun mampu tuk berkreasi dalam segala bidang seni, baik dalam bidang puisi yang banyak dikelolah serta dikoordinir langsung oleh sanggar sanggar seni yang ada, seperti sanggar Kinana, sanggar rajawali dll, dalam bidang seni music pun dapat dilihat dari munculnya berbagai band serta alirannya seperti band SABANDSA, VEGABON dan HERMAPRODITE dll.
sabandsa

Masyarakat Indonesia yang ada di Tanah Air tidak ambil peduli, dalam benak mereka semua mahasiswa Indonesia yang kuliah di Al azhar adalah agamawan, padahal tidak semua mahasiswa yang kuliah di Al azhar itu mengambil jurusan keagamaan, kalaupun ada hanya sebatas kulit kulitnya saja. Tuntan masyarakat itulah yang mengakibatkan adanya kecompangan dan kesalahan dalam menilai mahasiswa itu sendiri, yang mungkin dan pasti tidak akan terlepas dari nama buruk Al azhar itu sendiri, kiranya hal itu sangat perlu dibenahi agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari dan tidak merugikan lain pihak.
sabandsa

Tidak sedikit orang yang bertanya dan melontrakan berbagai kritikan, mengapa mahasiswa Indonesia di Mesir yang notabene kuliah di Al Azhar University harus terjun ke dunia seni apalagi yang berbau music?, Kayaknya music itu sangat indentik dengan hal yang sangat negative seakan menampar kuping tatkala mendengar mahasiswa Al azhar bermain music. Hal ini ternyata perlu dikaji ulang dari semua segi agar kiranya dapat membuka fikiran orang orang tentang apa itu seni, dan bagaimana pula dengan kondisi mahasiswa Indonesia yang kuliah di Al azhar agar tidak ada kesalahpahaman.
sabandsa

klik aja http://sabandsa.multiply.com/ ada mp3 juga videonya kok…ok man!!!

Advertisements

5 thoughts on “Sabandsa”

  1. syabiq – August 11, 2008

    buat apa atuh datang ke mesir kalo hanya tuk bermusik mah ngahambur-hambur duit eungeus we didieu <<==== Nih Orang Bego Banget Sihh ….. Emangnya kalau Kemesir trus gak Boleh Berkreasi ……Tunjukkan Bakatmu di manapun kamu berada,mau di swah kek mau di bulan,Islam bukan hanya bisa baca kitab doank.islam juga bisa berkreasi…..Trus semangat bro Yach…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

https://saidnazulfiqar.wordpress.com

%d bloggers like this: